4 Tips Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Anda bisa cek detail premi asuransi kesehatan di website perusahaan asuransi atau website pialang asuransi untuk mengetahui seberapa besar biaya yang perlu dikeluarkan. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang akan menanggung biaya pengobatan hingga perawatan medis lain apabila pihak tertanggung jatuh sakit.

Pada umumnya, biaya pengobatan atau manfaat asuransi kesehatan ialah rawat inap, rawat jalan dan pembedahan. Ada juga manfaat tambahan atau rider, yakni perluasan pertanggungan polis asuransi kesehatan seperti medical check-up, asuransi melahirkan, perawatan gigi dan perawatan mata.

Dalam memilih asuransi kesehatan, yang paling penting adalah pilih asuransi kesehatan yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih asuransi kesehatan terbaik. Simak baik-baik, ya!

Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Asuransi kesehatan terbaik AIA Hospital merupakan salah satu asuransi kesehatan yang memiliki jaringan rumah sakit merata. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Utamakan rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal, kantor atau mempunyai preferensi dokter tertentu.

Sebab, apabila rumah sakit tidak termasuk dalam jaringan perusahaan asuransi yang Anda pilih, proteksinya tidak bisa maksimal atau justru tidak bisa digunakan.

Jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih luas, Anda bisa memilih asuransi kesehatan internasional yang memiliki rekanan rumah sakit di luar negeri atau memberikan manfaat klaim saat Anda harus dirawat di luar negeri.

Sistem Cashless

Maksudnya, Anda sebaiknya memilih sistem klaim secara cashless. Sehingga, tidak perlu repot lagi untuk menyiapkan dana terlebih dahulu, terlebih pada saat dalam kondisi darurat.

Dengan sistem ini, Anda cukup membawa kartu polis asuransi yang nanti ditunjukkan kepada pihak rumah sakit yang sudah bekerja sama. Bukan berarti sistem pembayaran reimbursement itu tidak baik. Hanya saja, sistem cashless ini jauh lebih praktis meskipun preminya sedikit lebih mahal.

Plafon dan Premi yang Seimbang

Tips selanjutnya ialah cari asuransi kesehatan yang menyediakan plafon dan premi yang seimbang. Maksudnya, jangan sampai premi yang Anda bayarkan tidak sebanding dengan limit atau plafon asuransi yang diberikan serta manfaat yang akan diperoleh.

Apabila Anda sudah mempunyai BPJS Kesehatan, pilih premi yang lebih rendah dengan menggabungan dua manfaatnya, yakni antara BPJS Kesehatan dengan asuransi kesehatan yang dimiliki.

Anda juga perlu mempertimbangkannya dengan besaran premi yang harus dibayar setiap bulannya. Premi asuransi yang ideal berkisar antara 5% – 10% dari total pendapatan per bulan.

Prioritaskan Rawat Inap

Biaya kesehatan yang paling mahal umumnya mencakup biaya rawat inap. Oleh sebab itu, prioritaskan manfaat rawat inap terlebih dahulu. Pasalnya, ada asuransi kesehatan yang meng-cover rawat inap tanpa rawat jalan agar preminya lebih terjangkau.

Namun, jika budget yang Anda punya mencukupi, mendapatkan manfaat dari keduanya akan lebih baik lagi. Apalagi jika Anda menginginkan manfaat tambahan, maka pilih manfaat tambahan yang penting dan sesuai kebutuhan. Misalkan, manfaat tambahan berupa asuransi melahirkan.

Itu dia beberapa tips memilih asuransi kesehatan terbaik untuk masa depan yang lebih tenang. Anda bisa mendapatkannya melalui Lifepal.

Di Lifepal, banyak sekali pilihan asuransi kesehatan yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Harga preminya pun dijamin terjangkau. Jika bingung menentukan pilihan, Anda bisa konsultasi gratis dengan tim ahli melalui telepon. Menarik sekali, bukan?

Informasi yang lebih lengkap bisa dilihat di lifepal.co.id. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.