Diduga Depresi Masalah Ekonomi Seorang Pria Bakar Diri Pakai Bensin di Depan Umum hinggga Tewas

Seorang pria nekat dengan cara membakar diri di depan umum. Diduga pria tersebut membakar diri karena depresi karena masalah ekonomi. Aksi tersebut dilakukan di Jalan Haji Senin, kawasan Parigi, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, pada Kamis (31/12/2020).

Dalam video berdurasi 1 menit 25 detik yang diterima Kompas.com, terlihat seorang pria tergeletak di pinggir jalan dengan luka bakar di sekujur tubuhnya. Sejumlah warga yang berada di lokasi tidak berani untuk langsung mengevakuasi pria tersebut dan menunggu bantuan polisi. Warga yang merekam video tersebut mengatakan bahwa pria itu berusaha mengakhiri hidupnya dengan cara membakar diri.

Kanitreskrim Polsek Pondok Aren AKP Sumiran mengonfirmasi kabar aksi bakar diri yang terjadi di kawasan Parigi tersebut. Pria tersebut diketahui berinisal IH (40) yang merupakan warga setempat. Dia diduga nekat membakar diri karena mengalami depresi.

"Iya bakar diri dia pakai bensin sama korek. Mau bunuh diri dia, diduga depresi, stres," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis. Menurut Sumiran, IH membakar dirinya di jalan depan rumah kontrakannya sekitar pukul 11.30 WIB saat kawasan tersebut sepi. Warga setempat baru mengetahui aksi tersebut ketika IH sudah terbakar api dan langsung berupaya menolongnya dengan menyiramkan air.

"Kondisinya sudah terbakar, dibantu sama warga disiram (air). Bakar dirinya di depan kontrakan. Memang tinggal di sekitar situ," ungkapnya. Sumiran menerangkan, setelah sempat terbakar dan ditolong oleh warga di lokasi kejadian, IH masih dalam kondisi hidup. Dia meninggal dunia dalam perjalanan menuju salah satu rumah sakit swasta di Tangerang Selatan akibat luka bakar di sekujur tubuhnya.

"Meninggal dunia. Jadi dibawa ke Rumah Sakit Sari Asih. Di perjalanan meninggal. Cukup parah lukanya, cuma enggak bisa mastiin berapa persen," ungkapnya. Saat ini, kata Sumiran, pihaknya masih mendalami motif percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh IH dan akan meminta keterangan lebih lanjut dari pihak keluarga. "Enggak ada cekcok keluarga. Info dari keluarganya si keuangan ya, ekonomi," pungkasnya.

Bunuh diri bisa terjadi saat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup. Anda tidak sendiri. Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan jiwa atau untuk mendapatkan berbagai alternatif layanan konseling, Anda bisa simak informasi di situs web Into the Light Indonesia di bawah ini: Https://www.intothelightid.org/tentang bunuh diri/hotline dan konseling/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *