Ingin Cat Ulang Mobil? Yukk Ketahui Perkiraan Biayanya Berikut

Pengecatan mobil merupakan sebuah metode yang bertujuan mempercantik dan memperbaiki bodi mobil yang mengalami goresan tipis maupun lecet yang dalam. Namun, sebelum membawa mobil ke bengkel untuk dicat ulang, cari tahu dulu biaya ganti warna mobil dan cek fisik.

Pasalnya, biaya cat mobil yang full body terbilang cukup menguras kantong. Bahkan, jika ingin mengganti warna mobil secara keseluruhan, biaya cat ulang mobil full body atau repaint bisa menyentuh angka belasan hingga puluhan juta.

Oleh karena itu, kita perlu teliti dan hati-hati dalam memilih bengkel serta metode pengecatan mobil. Dalam artikel ini, akan membahas lebih rinci tentang perkiraan biaya cat mobil baik di bengkel resmi atau umum. Simak baik-baik, ya!

Perkiraan Biaya Cat Mobil Full Body di Bengkel Resmi dan Umum

Saat ini, telah banyak tempat atau bengkel cat mobil yang bisa dipilih. Mulai dari bengkel pinggiran jalan seperti spesialis cat duco hingga bengkel resmi dari masing-masing merek mobil. Menjadi bagian dari proses reparasi mobil, membuat biaya cat full body tergantung dari merek mobil yang dipunya.

Misalnya, estimasi atau perkiraan biaya cat mobil full body di jaringan dealer resmi Toyota umumnya mulai dari Rp 7 juta untuk mobil berukuran kecil seperti Toyota Agya, hingga sebesar Rp 17 juta untuk mobil ukuran besar.

Sementara di bengkel biasa atau umum, harga cat mobil terbilang cukup murah. Namun, kita harus tetap waspada saat memilih bengkel yang bukan bengkel resmi untuk cat mobil. Jangan sampai tergoda harganya yang miring.

Sebab, jika tidak dilakukan oleh ahli yang profesional, tidak jarang hasil pengecatannya malah jadi belang. Apabila ingin mengecat mobil secara keseluruhan, sebaiknya pilih bengkel umum atau pinggir jalan yang menyediakan cat berkualitas terbaik.

Perkiraan Biaya Cat Ulang Mobil Full Body (repaint) untuk Mengganti Warna Mobil

Untuk biaya cat ulang mobil full body (repaint), tentunya akan jauh lebih mahal dan lebih mahal. Hal ini dikarenakan keseluruhan cat pada mobil perlu diganti dari warna lama ke warna yang baru.

Misalnya, warna mobil sebelumnya berwarna hitam dan ingin mengubahnya menjadi warna merah. Proses pengecatan tidak bisa dilakukan secara langsung dengan mengaplikasikan warna baru. Cat mobil warna hitam perlu dihilangkan terlebih dahulu, barulah dilakukan pengecatan ulang dengan warna merah.

Untuk mendapatkan hasil cat dengan warna yang awet dan berkualitas, teknisi bengkel biasanya akan melakukan proses pengecatan dengan dua metode, yakni cat oven atau dijemur di bawah terik matahari.

Karena prosesnya yang lama dan rumit tersebut, tentu kita harus mengeluarkan biaya cukup banyak untuk mengecat ulang mobil kesayangan. Adapun kisaran biaya cat ulang mobil full body di bengkel umum minimal Rp 5 juta, sedangkan di bengkel resmi, bisa mencapai kisaran Rp 17 juta.

Itulah ulasan mengenai perkiraan biaya cat mobil full body dan biaya cat ulang (repaint) mobil full body. Agar memperoleh harga yang sedikit miring, kita bisa mengajukan asuransi mobil di Lifepal. Dengan adanya asuransi ini, kita tidak perlu pusing memikirkan biaya yang dikeluarkan ketika body mobil terdapat goresan atau lecet.

Mobil yang lecet biasanya disebabkan oleh risiko berkendara, seperti tabrakan, kejatuhan ranting pohon, terguling dan sebagainya. Lifepal sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asuransi terbaik dengan biaya premi yang murah. Jadi, yuk segera daftar asuransi mobil di Lifepal!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *