Ketahahui 6 Fungsi Akuntansi untuk Bisnis Kecil

Mengelola keuangan dan akuntansi bagi bisnis kecil tidak harus menjadi hal yang menyulitkan untuk Anda. Juga tidak harus menjadi alasan pribadi Anda untuk tidak memulai bisnis Anda sejak awal.

Alih-alih, dasar-dasar akuntansi bisnis kecil turun ke beberapa praktik terbaik dan hanya untuk menghasilkan tiga laporan penting: neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas Anda. Ini mungkin terdengar seperti dalam membangun bisnis Anda membutuhkan akuntan profesional, tetapi jauh dari itu.

Berikut adalah proses rutin dalam pengelolaan akuntansi dan pembukuan yang menjabarkan jadwal yang direkomendasikan untuk fungsi akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan bisnis Anda dan merampingkan seluruh proses keuangan bisnis Anda.

Tugas Akuntansi Bisnis Kecil Harian

Jika menyangkut kebutuhan bisnis akuntansi sehari-hari, Anda memiliki proses yang cukup ringan. Anda memiliki banyak laporan keuangan untuk ditinjau setiap minggu, bulan, kuartal, dan seterusnya, tetapi tanggung jawab akuntansi untuk bisnis kecil harian Anda adalah:

  • Memeriksa posisi kas

Karena kas adalah bahan bakar untuk bisnis, Anda tidak ingin kehabisan atau kekurangan uang. Mulailah hari Anda dengan memeriksa berapa banyak uang tunai yang Anda miliki. Mengetahui berapa banyak yang ingin Anda terima dan berapa banyak yang akan Anda bayarkan selama beberapa minggu dan bulan mendatang juga penting.

Tugas Akuntansi Bulanan

Baik Anda memiliki bisnis berpengalaman atau baru, fisik atau online, ada banyak tugas akuntansi bulanan yang perlu Anda tangani.

  • Rekonsiliasi seluruh transaksi

Sama seperti Anda merekonsiliasi rekening tabungan pribadi Anda, Anda perlu mengetahui bahwa entri transaksi bisnis Anda akurat dan bahwa Anda bekerja dengan posisi kas yang benar. Rekonsiliasi arus kas Anda memudahkan untuk menemukan dan mengoreksi kesalahan atau kelalaian – baik oleh Anda atau oleh bank dan memperbaikinya

  • Meninjau piutang yang telah jatuh tempo

Pastikan untuk menyertakan kolom “umur” untuk memisahkan “faktur tertagih” dengan jumlah hari tagihan telah lewat jatuh tempo. Ini memberi Anda gambaran singkat tentang pembayaran pelanggan terutang. Awal bulan adalah waktu yang tepat untuk mengirimkan pernyataan pengingat yang lewat waktu kepada pelanggan, klien, dan siapa pun yang berutang uang kepada Anda.

Pada akhir tahun fiskal bisnis, Anda akan melihat akun ini lagi untuk menentukan piutang apa yang perlu Anda kirim ke penagihan ulang atau hapus buku untuk pengurangan.

  • Menganalisis status persediaan

Jika Anda mengelola inventaris dan stok, luangkan waktu untuk menyusun ulang produk yang terjual dengan cepat dan identifikasi produk lainnya yang bergerak lambat dan mungkin harus ditandai atau dihapuskan. Jika Anda memeriksa secara teratur (dan membandingkan dengan angka bulan sebelumnya), lebih mudah untuk membuat penyesuaian sehingga Anda tidak kekurangan atau kelebihan beban dalam produk.

  • Memproses atau meninjau penggajian dan menyetujui pembayaran pajak

Meskipun Anda memiliki jadwal yang pasti untuk membayar karyawan Anda (biasanya setengah bulanan), Anda harus memenuhi persyaratan pajak gaji berdasarkan undang-undang Negara pada waktu yang berbeda, jadi pastikan untuk menahan, melaporkan, dan menyetorkan pendapatan yang berlaku pajak, Jaminan Sosial, Asuransi, dan pajak lainnya lembaga terkait pada tanggal yang diharuskan.

Tinjau ringkasan penggajian sebelum pembayaran dicairkan untuk menghindari melakukan koreksi selama periode penggajian berikutnya.

  • Tinjau laba rugi aktual vs. anggaran dan tahun sebelumnya

Laporan laba rugi Anda (juga dikenal sebagai P&L atau profit and loss statement), baik untuk bulan ini dan tahun ini, memberi tahu Anda berapa banyak yang Anda peroleh dan berapa banyak yang Anda belanjakan.

Ukurlah dengan anggaran bulanan atau kuartalan Anda. Membandingkan angka Anda yang sebenarnya dengan angka yang Anda rencanakan menyoroti di mana Anda mungkin menghabiskan terlalu banyak pengeluaran

Jika Anda belum menyiapkan anggaran, bandingkan P&L Anda saat ini dengan laporan laba rugi periode sebelumnya, tahun ke tahun yang sama untuk mengidentifikasi varians dan membuat penyesuaian.

  • Meninjau neraca akhir bulan vs. periode sebelumnya

Dengan membandingkan neraca Anda pada satu tanggal – 30 Juni 2020, misalnya – dengan neraca dari tanggal sebelumnya – 31 Desember 2019 – Anda mendapatkan gambaran tentang bagaimana Anda mengelola aset dan kewajiban.

Kuncinya adalah mencari apa yang secara signifikan naik dan / atau turun dan memahami mengapa. Misalnya, jika piutang Anda naik, apakah itu karena peningkatan penjualan baru-baru ini atau karena pembayaran yang lebih lambat dari pelanggan?

Periksa Seluruh Tugas Akuntansi Anda agar Bisnis Kecil Anda Berkembang

Jika kebutuhan akuntansi ini terdengar terlalu banyak, tidak apa-apa: Hal itu juga yang dirasakan oleh banyak orang dan mereka yang tidak memiliki pemahaman menyeluruh tentang ilmu akuntansi, ini manusiawi. Tapi, dengan perencanaan yang tepat dan beberapa tarikan napas panjang, Anda bisa melakukan ini.

Software accounting seperti Jurnal dapat membantu Anda menghasilkan laporan keuangan, mengelola pajak, dan menangani tugas akuntansi bisnis kecil lainnya.

Software akuntansi semacam ini dapat membuat hidup Anda sebagai pemilik bisnis jauh lebih mudah. Jika Anda masih merasa tidak yakin, Anda bisa mencoba Jurnal secara gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *