Stretchmark Pada Remaja, Bisakah Dihilangkan?

Biasanya masalah stretchmark muncul pada ibu hamil akibat masalah hormonal ketika mengandung dan meregangnya kulit akibat perut yang semakin besar sesuai usia kehamilan. Tapi ternyata, masalah pada kulit tersebut juga dapat muncul saat masih remaja, dengan berbagai faktor penyebabnya.

Penyebab Stretchmark Pada Remaja

Ada beberapa penyebab terjadinya masalah kulit ini pada remaja, jika Anda salah satu yang mengalaminya bisa saja karena salah satu alasan berikut.

  • Berat Badan Berlebih

Mirip dengan kehamilan, saat berat badan meningkat maka otomatis otot yang ada bertambah banyak berisi lemak di berbagai bagian tubuh. Membuat kulit meregang dan berpotensi terjadinya masalah kulit seperti bekas digaruk tersebut.

Apalagi ketika berat badan sudah turun dengan proses diet, bekas kulit yang sebelumnya tertarik akan meninggalkan guratan tidak teratur dan membuat permukaan kulit tidak mulus.

  • Faktor Genetik Atau Turunan

Ketika orang tua Anda ada yang memiliki masalah sama yaitu bercak pada skin yang berbekas tersebut, ada kemungkinan hal itu menurun kepada Anda. Namun tingkat parahnya bisa saja tidak sama, tergantung gen yang dimiliki dan bagaimana cara merawat jaringan permukaan tubuh dan pola hidup diterapkan.

  • Perempuan

Masalah stretchmark lebih rentan dialami oleh wanita, apalagi sedang berada pada masa pubertas. Dimana kondisi metabolisme tubuh sedang tidak stabil, produksi hormon juga sedang dalam proses penyesuaian dengan kondisi tubuh.

Biasanya, akan terjadi saat menggaruk bagian tubuh menjelang menstruasi sehingga usai menstruasi bekasnya sulit dihilangkan.

  • Penderita Sindrom Cushing Atau Marfan

Sindrom cushing membuat seseorang memiliki masalah kesehatan yaitu kadar kortisol tinggi di dalam tubuh, rentan mengalami masalah pada kulit termasuk guratan seperti habis digaruk tersebut.

Penderita sindrom marfan juga berpotensi mengalami skin problem satu ini, ketika gangguan genetik terjadi dan membuat sejumlah jaringan ikat bermasalah. Misalnya pada bagian tendon, tulang rawan, lemak, maupun ligamen.

 

Tips Mengatasi Stretchmark Untuk Remaja

Jangan takut kalau kondisi pada skin itu tidak bisa hilang, apalagi bagi remaja yang sangat rentan down dengan kondisi fisik tidak menarik. Ada beberapa cara dapat dilakukan untuk menghilangkannya, seperti:

  • Memakai Krim jenis Retinoid, fungsinya agar kolagen pada kulit bisa diproduksi lebih maksimal. Elastisitas kulit menjadi lebih baik dan bekas guratan memudah bahkan hilang dalam kurun waktu tertentu.
  • Mikrodermabrasi juga dapat dilakukan, tapi harus di bawah pengawasan dokter ahli. Fungsinya adalah memperbaiki kondisi pada lapisan kulit bermasalah, alhasil sel kulit yang baru akan membentuk lapisan lebih baik.
  • Melakukan prosedur terapi tertentu, guna memberikan rangsangan bagi tubuh membentuk kolagen secara alami.

Untuk menghindari kondisi lebih parah, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Terutama adalah menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi penting bagi kulit.

Semoga informasi di atas membantu para remaja untuk tidak takut lagi ketika mengalami Stretchmark. Masalah tersebut bisa diatasi dengan baik, kulit juga lebih sehat jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.