Tips Atasi Bau Kurang Sedap pada Kabin Mobil 

Anda sudah bersusah payah menabung untuk DP mobil impian hingga akhirnya berhasil membelinya melalui leasing Mitsubishi Indonesia. Tentunya Anda ingin mobil tersebut selalu dalam kondisi sempurna, baik kondisi mesin, eksterior, dan interiornya. Sayangnya, terkadang ada beberapa hal yang membuat mobil baru Anda kurang nyaman dikendarai akibat bau kurang sedap pada kabin.

Nah, jika saat ini Anda sedang mengalaminya, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya:

  • Membuka sirkulasi udara

Kendati sebagian besar mobil sudah dilengkapi ventilasi, Anda harus memastikan sirkulasi udara yang mengalir ke kabin sudah cukup. Caranya cukup mudah, yakni membuka pintu atau jendela mobil sampai udara mengalir atau beredar secara merata di kabin. Anda bisa melakukannya saat beristirahat di tengah perjalanan maupun mobil berada di rumah.

  • Membersihkan ventilasi udara

Menumpuknya debu atau kotoran pada ventilasi adalah salah satu penyebab umum munculnya bau menyengat dari kabin mobil. Sebelum baunya mengacaukan konsentrasi menyetir Anda, jadwalkan untuk membersihkan ventilasi udara secara berkala. Anda bisa gunakan alat-alat sederhana seperti kuas berbulu lembut atau spons pencuci piring untuk mengangkat kotoran secara menyeluruh.

  • Membersihkan karpet dan kabin mobil

Jika memungkinkan, lakukan perawatan secara menyeluruh dengan membersihkan karpet dan kabin mobil. Karpet adalah sumber bau kurang sedap karena sering Anda injak, sehingga kotoran mudah menempel dan menumpuk. Dengan pembersihan total, Anda tak hanya mendapatkan karpet wangi, tetapi juga mengeluarkan kotoran yang bersembunyi di sela-sela karpet yang tak terjangkau.

  • Menghalau bau dengan biji kopi

Biji kopi mempunyai aroma kuat yang dapat menghalau atau menyebarkan bau tak sedap. Anda yang kurang menyukai pewangi kabin mobil bisa memanfaatkannya dengan menyimpan biji kopi dalam wadah seperti kantong kertas atau kaus kaki. Kemudian, tempatkan di bawah jok atau spion bagian dalam. Ganti dengan yang baru apabila aroma kopinya mulai berkurang.

  • Menggunakan minyak atsiri

Minyak atsiri atau essential oil adalah produk lainnya yang bisa Anda pakai untuk menyebarkan aroma menenangkan di kabin. Teteskan minyak atsiri secukupnya pada diffuser portabel, lalu tunggu sampai aromanya tersebar. Anda juga bisa meneteskannya pada bola kapas dan gantungkan dekat ventilasi agar wanginya mengisi kabin saat udara masuk.

  • Mengaktifkan odor eliminator

Bagi Anda yang menyukai langkah praktis, ada odor eliminator yang terbukti mampu menghilangkan bau tak sedap dari makanan, rokok, dan sumber lainnya. Caranya, cukup letakkan lalu aktifkan odor eliminator di tengah kabin saat mesin menyala. Pastikan juga kaca dan pintu mobil sudah tertutup untuk mencegah masuknya udara dari luar. Tunggu beberapa menit sampai kabin tak lagi bau, lalu matikan.

Jika bau tak kunjung menghilang, bawa mobil Anda ke bengkel untuk mendapatkan servis memadai. Sebab, mungkin saja penyebabnya datang dari komponen dalam mobil yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *